UA-66241364-1 Kini Hadir Kelas Inspirasi Sumbawa ~ LOVE SUMBAWA

Wednesday 20 July 2016

Kini Hadir Kelas Inspirasi Sumbawa


“Sehari Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi”
SUMBAWA BESAR, SR (23/10/2015)
Kelas Inspirasi (KI) kini hadir di Sumbawa. KI Sumbawa akan dilaksanakan 9 November mendatang dengan lokasi di 5 Sekolah Dasar wilayah Kabupaten Sumbawa. keberadaan KI ini berangkat dari niat para pemuda Sumbawa untuk membantu pemerintah memajukan dunia pendidikan NTB dan Sumbawa khususnya.
Kegiatan yang ada di bawah payung Indonesia Mengajar ini telah dilaksanakan di banyak daerah di Indonesia. Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa profesional yang ingin berkonstribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi.
Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak mengunjungi dan mengajar di SD, yaitu pada Hari Inspirasi.
Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk konstribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.
KI Sumbawa diinisiasi oleh Herjunot Adjie, Syamsun Hidayat dan SubhanAzharullah yang juga pernah menjadi relawan pada KI Lombok. Ketiga putra asli Sumbawa ini memimpikan akan dilaksanakannya KI di Sumbawa sejak awal 2015 lalu, dan baru dapat dilaksanakan pada akhir 2015 ini. “Orang luar saja banyak yang datang ke Sumbawa untuk berbuat sesuatu, masa’ kita diam saja,” cetus Lulu Wulandari, Koordinator Kegiatan KI Sumbawa yang merupakan ajakan sekaligus bentuk pengakuannya pada banyaknya pemuda Sumbawa yang menuai sukses di luar daerah.
Ia menyadari bahwa tipikal orang Sumbawa salah satunya adalah gemar merantau. Dan ada banyak pemuda-pemudi Sumbawa yang berprestasi di ”luar” sana, tetapi sebagian besar dari mereka telah nyaman di rantauannya. “Kita harapkan dengan kegiatan KI ini mereka mau pulang sebentar untuk bisa berbagi dan sharing  pengalaman dengan adik-adik di kampungnya sendiri,” harap Lulu.
Kelas Inspirasi selalu memegang 7 prinsip dasarnya, yakni, Inspiratif, Sukarela, Bebas Kepentingan, Tanpa Biaya, Siap belajar, Terlibat Langsung, Siap Bersilaturrahmi, dan Tulus. Ketujuh prinsip tersebut akan mengawal persiapan dan pelaksanaan KI Sumbawa nantinya.
Memulai persiapan sejak awal Oktober, KI Sumbawa kini tengah melakukan penjaringan relawan pengajar dan dokumentator dari seluruh Indonesia. Pendaftaran yang dibuka sejak 1 Oktober hingga 2 Nopember mendatang ini mengajak para profesional untuk turut serta berbagi inspirasi. Dengan cara pendaftaran yang amat mudah yakni dengan mengisi formulir di blog KI Sumbawa (kisumbawa.blogspot.co.id), diharapkan ada banyak profesional yang akan terjaring dan bersama-sama turut bergerak memajukan pendidikan Sumbawa. “Sehari mengajar, seumur hidup menginspirasi,” demikian semboyan yang digaungkan Kelas Inspirasi selama ini.  (TIM-KIS)
Sumber: http://www.samawarea.com/2015/10/kini-hadir-kelas-inspirasi-sumbawa/

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com