UA-66241364-1 Air Terjun Marente (Saketok, Agal & Sebra) Sumbawa ~ LOVE SUMBAWA

Wednesday 5 August 2015

Air Terjun Marente (Saketok, Agal & Sebra) Sumbawa



Pesona Air Terjun Agal dan Kawasan Objek Wisata Desa Marente Kec. Alas, Kab.Sumbawa.

Sejak awal tahun lalu, marente mulai menggema dengan Wisata Air Terjun Agal, dan diikuti Air Terjun Saketok dan Sebra.
Terdapat kualitas dalam tiap air terjun tersebut yg membuat orang ingin mengunjunginya.

Selama ini melalui Pokdarwis "SAGARA" desa Marente dan dukungan dari rekan-rekan Adventurous Sumbawa menginginkan sekali marente menjadi Desa Contoh yg memiliki standar destinasi wisata, baik dari komponen Sapta Pesona, Sadar Wisata yg berusaha kami terpakan, terus terang keterbatasan dari segi daya dukunglah yg memperlambat pengembangan lokasi tersebut, kami inginkan percepatan tetapi yg kami lakukan hanya sebatas kemampuan swadaya masyarakat rekan-rekan pemuda (Karang Taruna, Remaja Masjid) dan pemerintah, itupun belum dapat secepat yg kami inginkan.


Dibutuhkan banyak sekali persyaratan fisik untuk pengembangan ini, sehingga sekarang ke Agal, Saketok dan sebra sudah dpt dipasang papan petunjuk arah, papan peringatan kebersihan dan Faktor Fisik lainnya termasuk papan Gapura "Selamat Datang".
Marente sejak 2 bulan lalu sudah di kunjungi oleh pemerintah melalui Bappeda, PU, kecamatan, Polsek Alas dan lain sebagainya, dan adanya respon sangat baik, dan memberi berbagai masukan dan disarankan di untuk mempercepat Proposal.

Berikut uraian sedikit informasi terkait Wana Wisata SAGARA (Saketok, Agal & Sebra).

1. Agal
Merupakan sakah satu air terjun yg di kisarkan ketinggiannya berdasarkan bacaan temen2 Adventurous Sumbawa (sekitar 150 meter), bacaan Jejak Petualang Trans7 (sekitar 200 meter), dan metro Tv (sekutar 100 meter). Berbagai data inipun sudah membuat Agal termasuk salah satu air terjun tertinggi di indonesia, dengan kawasan yg sangat alami dan tidak terjamah masyarakat, dan keunikannya Agal ini memiliki 10 tingkatan.
Ketiga Air Terjun Besar ini duduga berada pada lereng gunung berapi Purba.
Agal berjarak sekitar 4 km dari dusun Beru marente (Posko Pokdarwis Sagara), dapat ditempuh sekitar 1,5 jam jalan kaki, dengan kondisi jalan setapak dan s3perti merambah Hutan dan ini sangat cocok bagi pengi jung yg menyukai wisata adventure.

2. Saketok
Merupakan air terjun marente yg tidak kalh indahnya dari agal, Saketok memiliki 3 lokasi air Terjun, kami menyebutnya Saketok 1, 2 dan 3. Masing2 memiliki kualitas. Untuk ke saketok 1 & 2 membutuhkan waktu sekitar 2 jam jalan kaki, dan ke saketok 3 butuh waktu sekitar 1 jam. Jalnnyapun masih setapak dan sudah lengkap dengan papan petunjuk arah dan peringatan kebersihanatau sampah.

3. Sebra
Merupakan air terjun fantastis yg ada di sumbawa bahkan indonesia sekalipun, dengan ketinggian berdasarkan data sementara sekitar 320 meter maka akan menjadikannya sebagai air terjun tettinggi di indonesia mengalahkan air terjun sigura-gura sumatera yg berketinggian sekitar 250 meter. Patut di banggakan karena ini satu2nya di Sumbawa.
Jarak tempuhnya relatif tetapi rata2 yg di tempuh sekitar 5-7 jamdengan akses jalan sama seperti Agal dan saketok.

Selain 3 air terjun tadi, sebenarnya masih banyak lagi air terjun lainnya di marente yg sedang kami explore diantaranya Air Terjun Kagala, Air Terjun Rangala, Air Terjun Kokar Reban, dan lainnya, dan pembukaan jalan termasuk situs matemega, situs telebir juga di dalamnya.

Foto : Air Terjun Agal yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di indonesia
Sumber Foto : Yudi Rusdian - Adventurous Sumbawa.




0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com