UA-66241364-1 Wisata Agro - Potensi Kopi Batulanteh ~ LOVE SUMBAWA

Wednesday 12 August 2015

Wisata Agro - Potensi Kopi Batulanteh

Kopi Batu Lanteh
http://sumbawanews.com/
Batu Lanteh merupakan sebuah daerah terpencil yang berada di atas pegunungan letaknya cukup jauh dari pusat perkotaan kota sumbawa, tepatnya berada disebelah Selatan kota Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat, secara geografis Batu Lanteh merupakan salah satu wilayah yang dikenal sangat subur untuk lahan pertanian, khususnya untuk daerah Kabupaten Sumbawa Besar, namun sayangnya untuk kita bisa mencapai kesana, kita harus mempersiapkan tenaga ekstra, selimut tebal, persiapan medis yang cukup karena kurang lebih lima jam lamanya kita akan terguncang-guncang di kendaraan Hard Top (alat transportasi) memasuki hutan, melewati olat (gunung dalam bahasa sumbawa) pegunungan dan turunan yang cukup terjal serta jalan bebatuan yang menghibur ketegangan kita.

Pertanian adalah sektor utama kegiatan masyrakat batu lanteh, khususnya mereka sebagai petani kopi sehingga kecamatan Batulanteh merupakan penghasil Kopi terbesar untuk kabupaten Sumbawa, karena kesuburan tanahnya kopi yang berasal dari desa Tepal merupakan Kopi Organik yang diolah secara tradisional yang masih alami tanpa bantuan pupuk maupun pestisida menggunakan pupuk buatan,
Peta Batu Lanteh
Salah satu sungai di Batu Lanteh
Lahan yang subur sebagai potensi pertanian khususnya kopi yang sudah terkenal di daerah batu lanteh, suhu dingin yang khas serta pemandangan indah yang dimiliki menjadi nilai tambah dalam menjadikan Kecamatan Batu Lanteh sebagai pengembangan daerah Agrowisata Sumbawa. Daerah agroindustri sendiri menurut Tirtawinata dan Fachruddin (1999) dalam Halida (2006) menyatakan bahwa, ruang lingkup dan potensi agrowisata yang dapat di kembangkan dapat berupa : a) Kebun Raya. Daya tarik yang dapat ditawarkan kepada wisatawan mencakup kekayaan flora dan fauna, keindahan alam serta kesegaran udara yang memberikan kenyamanan. b) Perkebunan. Daya tarik yang dapat ditawarkan berupa daya tarik historis dari perkebunan tersebut, pemandangan dan udara segar, cara konvensional dalam pola tanam, pemeliharaan, pengelolaan dan prosesnya serta perkembangan teknik pengelola yang ada. c) Tanaman Pangan dan Hortikultura. Berbagai proses kegiatan mulai dari prapanen, pascapanen berupa pengolahan hasil, sampai kegiatan pemasarannya dapat dijadikan objek agrowisata, d) Perikanan. Kegiatan wisata yang dikembangkan dapat berupa kegiatan budidaya perikanan sampai proses pascapanen. Artinya Batu Lanteh sangat cocok dalam pengembangan daerah Agrowisata Sumbawa.
Desa Tepal Kecamatan Batu Lante
Daerah yang terdiri dari 6 Desa, Sebagai daerah yang wilayahnya sebagian besar berupa hutan, maka Kecamatan Batulanteh merupakan daerah yang memiliki permukaan tanah yang tidak rata dengan topografi yang cenderung berbukit-bukit dan memiliki ketinggian antara 250 sampai dengan 800 meter diatas permukaan air laut. Dengan kondisi ini maka Kecamatan Batulanteh dapat dikatakan sebagai daerah pegunungan. Hal ini diperkuat oleh keberadaan pegunungan Batulanteh yang merupakan pegunungan dengan ketinggian mencapai 1.730 meter diatas permukaan air laut. 

Pemandangan Perjalanan ke Batu Lanteh
Pernyataan pemerintah seperti yang dilansir oleh Sumbawa News: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat makin fokus mengembangkan kopi organik dengan harapan dapat menjadi produk primadona masa depan yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat pedesaan. Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Badrul Munir, di Mataram (23/1). Tentunya Batu Lanteh juga termasuk dalam pengembangan kopi organik itu karena juga merupakan penyuplai kopi sebagai pendapatan daerah.

Saat ini yang kita perlukan adalah kesadaran masyarakat sumbawa terkait potensi itu, serta ada kelompok penggerak dari agrowisata khususnya masyrakat batu lanteh juga uluran tangan pemerintah untuk membangun daerah agrowisata guna menjadikan agrowisata sebagai nilai tambah dan pendapatan tambahan bagi masyarakat batu lanteh kedepannya.


Oleh: Azis Satria Putra
Foto sy ambil dari berbagai sumber untuk memperjelas pembaca tentang daerah Batu Lanteh.




0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com